Rabu, 29 Februari 2012

Latihan Soal Matematika Kelas 2 SD


 
soal latihan kelas 2 SD
 
Menaksir ukuran benda


Tujuan:  anak dapat belajar menaksir ukuran suatu benda.

Petunjuk:   isilah soal-soal berikut dengan cara menaksir ukuran suatu benda berdasarkan contoh.
contoh         : 1.  panjang tali adalah 23 cm. panjang tali kira-kira .... cm.
jawab           :      20
                       2.
  panjang rambut  adalah 68 cm. panjang rambut kira-kira .... cm.
jawab           :      70
penjelasan
  :   ~ nilai satuan kurang dari 5 dihilangkan
                        ~ nilai satuan 5 sampai dengan 9 menjadi 1 puluhan

1.  panjang sendok 21 cm. panjang sendok kira-kira . . . cm


2.  panjang pita 111 cm. panjang pita kira-kira . . . cm


3.  panjang kapur 12 cm. panjang kapur kira-kira . . . cm.


4.  panjang lilin 37 cm. panjang lilin kira-kira . . . cm


5.  panjang kain 142 cm. panjang kain kira-kira . . . cm


6.  lebar buku 175 cm. panjang kain kira-kira . . . cm


7.  lebar baju 27 cm. panjang baju kira-kira . . . cm


8.  tinggi botol 22 cm. tinggi botol kira-kira . . . cm


9.  tinggi kulkas 134 cm. tinggi kulkas kira-kira . . . cm


10.  tinggi lemari baju 189 cm. tinggi lemari baju kira-kira . . . cm






mengenal nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan bagian 2

Tujuan:  anak dapat mengenal dan membedakan nilai tempat ratusan, nilai puluhan, dan nilai satuan.

Petunjuk:  jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang tepat !
Contoh :                1.  Pada bilangan 124,                                                     2.  Pada bilangan 167
                    nilai angka 1 adalah 100                                                    ratusan ditempati angka 1
                    nilai angka 2 adalah 20                                                      puluhan ditempati angka 6
                    nilai angka 4 adalah 4                                                        satuan ditempati angka 7

1.  nilai angka 4 pada bilangan 64 adalah ......

a. 4

b. 40

c. 400

d. 4000

2.  nilai angka 8 pada bilangan 89 adalah ......

a. satuan

b. ratusan

c. 80

d. 8

3.  nilai angka 9 pada bilangan 92 adalah ......

a. 90

b. 900

c. ratusan

d. ribuan

4.  pada bilangan 167, nilai puluhan ditempati oleh angka ......

a. 1

b. 6

c. 7

d. 0

5.  nilai angka 8 pada bilangan 178 adalah ......

a. 8000

b. 800

c. 80

d. 8

6.  pada bilangan 216, nilai ratusan ditempati oleh angka .......

a. 0

b. 2

c. 1

d. 6

7.  pada bilangan 381, nilai satuan ditempati oleh angka ......

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

8.  pada bilangan 325, nilai puluhan ditempati oleh angka ......

a. 5

b. 4

c. 3

d. 2

9.  nilai angka 9 pada bilangan 419 adalah ......

a. puluhan

b. ratusan

c. 9

d. 90

10.  pada bilangan 435, nilai satuan ditempati oleh angka ....

a. 4

b. 3

c. 5

d. 0


membilang loncat

Petunjuk:  tulislah bilangan loncatnya dari soal bilangan berikut ini  !
contoh : bilangan loncat dari bilangan 59   63   67   71   75   79 adalah . . . .

jawab   :  4

1.  bilangan loncat dari bilangan 42, 44, 46, 48, 50, 52 adalah . . . .


2.  bilangan loncat dari bilangan 55, 60, 65, 70, 75, 80 adalah . . . .


3.  bilangan loncat dari bilangan 53, 62, 71, 80, 89, 98 adalah . . . .


4.  bilangan loncat dari bilangan 84, 87, 90, 93, 96, 99 adalah . . . .


5.  bilangan loncat dari bilangan 63, 70, 77, 84, 91, 98 adalah . . . .


6.  bilangan loncat dari bilangan 61, 65, 69, 73, 77, 81 adalah . . . .


7.  bilangan loncat dari bilangan 64, 67, 70, 73, 76, 79 adalah . . . .


8.  bilangan loncat dari bilangan 49, 59, 69, 79, 89, 99 adalah . . . .


9.  bilangan loncat dari bilangan 57, 65, 73, 81, 89, 97 adalah . . . .


10.  bilangan loncat dari bilangan 55, 61, 67, 73, 79, 85 adalah . . . .








Mengenal pengurangan tiga bilangan


Tujuan:  anak dapat mengurangkan tiga bilangan berturut-berturut.

Petunjuk:  isilah titik-titik di bawah ini dengan benar.
contoh        : 264 - 123 - 47  = ......
jawab          : 94
penjelasan
:  untuk mempermudah penghitungannya, bilangan pertama dikurangi bilangan kedua, kemudian hasilnya dikurangi bilangan ketiga, seperti contoh berikut :
                       tahap 1                         tahap 2
                       264                                141
                      
123  _                              47  _
                       141                                 94                       jadi  264 - 123 - 47  = 94

1.  221 – 111 – 34 = ......


2.  123 – 35 – 77 = ......


3.  259 – 99 - 51 = ......


4.  368 – 241 – 39 = ......


5.  415 – 51 – 21 2 = ......


6.  531 – 75 – 301 = ......


7.  136 – 12 – 76 = ......


8.  438 – 271 – 90 = ......


9.  351 – 231 – 28 = .....


10.  219 – 89 – 99 = ......



Learning Number 1 Through 20

Tujuan:  Student can learn number 1 through 20 and count item.

Petunjuk:  Take a look at the following questions and answer them by choosing the right answer!

1.  How many bicycle is there?

a. five

b. ten

c. twenty

d. one

2.  How many flowers are there?

a. three

b. four

c. fifteen

d. sixteen

3.  How many fishes are there?

a. fifteen

b. seven

c. five

d. thirteen

4.  How many clocks are there?

a. three

b. seven

c. nineteen

d. eleven

5.  How many leaves are there?

a. nine

b. eleven

c. fourteen

d. six

6.  How many butterflies are there?

a. thirteen

b. five

c. eleven

d. sixteen

7.  How many scissors are there?

a. eleven

b. sixteen

c. nineteen

d. thirteen

8.  How many seastars are there?

a. fifteen

b. nine

c. eleven

d. seven

9.  How many combs are there?

a. seventeen

b. eighteen

c. sixteen

d. fifteen

10.  How many pencils are there?

a. ten

b. thirteen

c. nineteen

d. twenty


mengenal lambang bilangan


Tujuan:  anak dapat menuliskan lambang bilangan.

Petunjuk:  isilah lambang bilangan di bawah ini dengan benar

1.  empat puluh tiga = ......


2.  enam puluh dua = ......


3.  dua puluh empat = ......


4.  empat puluh empat = ......


5.  tujuh puluh tujuh = ......


6.  lima puluh dua = ......


7.  tujuh puluh sembilan = ......


8.  delapan puluh satu = ......


9.  enam puluh delapan = ......


10.  sembilan puluh empat = ......



soal cerita penjumlahan dan pengurangan

Tujuan:  anak dapat dapat belajar penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita.

Petunjuk:  jawablah soal cerita berikut ini dengan benar !

1.  di sebuah rumah sakit tercatat ada 31 pasien, di hari berikutnya bertambah 17 pasien, ada berapa pasienkah di rumah sakit tersebut ?


2.  banyak murid SD kelas II adalah 58 murid, saat di absen hanya 41 murid yang hadir, berapa muridkah yang tidak hadir?


3.  pak ahmad membeli 1 dus kapur tulis yang berisi 47 buah, namun setelah diperiksa terdapat 9 buah yang patah, ada berapa kapurkah yang tidak patah ?


4.  ibu membeli 27 butir telur untuk membuat kue, kemudian ibu membeli lagi sebanyak 18 butir, berapakah jumlah seluruh telur yang dimiliki ibu ?


5.  nina mengundang 51 anak untuk hadir di pesta ulang tahunnya, tetapi hanya 37 anak yang datang. berapa anakkah yang tidak datang?


6.  seorang pedagang menjual tomat, pada jam djam berapa tomatkah yang terjual ?


7.  andi mempunyai 27 kelereng, kemudian kakak menambahnya dengan 37 kelereng, berapakah seluruh kelereng yang dimiliki andi?


8.  sebuah restoran menggoreng ikan sebanyak 58 ekor, tetapi ada 11 ekor ikan yang gosong, ada berapakah ikan yang tidak gosong ?


9.  besok akan diadakan arisan, namun ibu hanya memiliki 26 gelas, kemudian ibu meminjam pada bibi sebanyak 35 gelas, berapakah jumlah gelas seluruhnya?


10.  vita mempunya 2 bungkus permen pada bungkus pertama berisi 27 permen, dan bungkus kedua berisi 29 permen, berapa jumlah keseluruhan permen yang dimiliki vita ?









menjumlahkan bilangan dua bilangan

Tujuan:  anak dapat menjumlahkan bilangan yang terdiri dari dua angka bilangan.

Petunjuk:  Jumlahkan bilangan-bilangan berikut dan isi jawabannya!
Contoh : 10 + 12 = …
Jawab  : 22

1.  15 + 24 = …


2.  28 + 34 = …


3.  46 + 18 = …


4.  81 + 14 = …


5.  54 + 26 = …


6.  34 + 29 = …


7.  47 + 36 = …


8.  68 + 26 = …


9.  76 + 23 = …


10.  66 + 33 = …





mengurangkan dua bilangan

Tujuan:  anak dapat mengurangkan bilangan yang terdiri dari dua digit bilangan.

Petunjuk:  hitung pengurangan bilangan-bilangan berikut dan isi jawabannya!
Contoh : 12 - 10 = …
Jawab  : 2

1.  49 - 37 = …


2.  69 – 25 = …


3.  86 – 49 = …


4.  68 – 27 = …


5.  44 – 28 = …


6.  97 – 59 = …


7.  75 – 58 = …


8.  99 – 25 = …


9.  56 – 46 = …


10.  82 – 26 = …










mengenal nama bilangan

Tujuan:  anak dapat menuliskan nama lambang bilangan.

Petunjuk:  isilah nama lambang bilangan di bawah ini!
contoh:  235 = …
jawab: dua ratus tiga puluh lima

1.  108 = …


2.  124 = …


3.  135 = …


4.  193 = …


5.  198 = …


6.  201 = ...


7.  210 = …


8.  212 = …


9.  294 = …


10.  300 = …









mengenal nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan

Petunjuk:  jawablah pertanyaan di bawah ini dengan mengisi jawaban yang tepat !
Contoh :                  1.  Pada bilangan 136,
                     nilai angka 1 adalah 100
                     nilai angka 3 adalah 30
                     nilai angka 6 adalah 6
                2.  Pada bilangan 172,
                     puluhan ditempati angka 1
                     ratusan ditempati angka 7
                     satuan ditempati angka 2

1.  nilai angka 3 pada bilangan 73 adalah ......


2.  nilai angka 9 pada bilangn 95 adalah ......


3.  nilai angka 4 pada bilangan 154 adalah ......


4.  pada bilangan 187 tempat ratusan ditempati oleh angka ......


5.  nilai angka 8 pada bilangan 348 adalah ......


6.  pada angka 129 tempat satuan ditempati oleh angka ......


7.  nilai angka 2 pada bilangan 265 adalah ......


8.  nilai angka 7 pada 579 adalah ......


9.  pada bilangan 396 tempat puluhan ditempati oleh angka ......


10.  pada bilangan 413 tempat ratusan ditempati oleh angka ......



mengurangkan dua bilangan

Tujuan:  anak dapat mengurangkan bilangan yang terdiri dari dua digit bilangan.

Petunjuk:  hitung pengurangan bilangan-bilangan berikut dan isi jawabannya!
Contoh : 12 - 10 = …
Jawab  : 2

1.  49 - 37 = …


2.  69 – 25 = …


3.  86 – 49 = …


4.  68 – 27 = …


5.  44 – 28 = …


6.  97 – 59 = …


7.  75 – 58 = …


8.  99 – 25 = …


9.  56 – 46 = …


10.  82 – 26 = …


Membandingkan Bilangan

Tujuan:  Anak dapat menentukan kumpulan benda lebih dari, kurang dari, atau sama dengan kumpulan lain.

Petunjuk:  Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

1.  jumlah cabe ...... jumlah tomat

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d. salah semua

2.  jumlah balon ...... jumlah boneka beruang

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d. salah semua

3.  jumlah payung ...... jumlah pensil

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d. salah semua

4.  jumlah obeng ...... jumlah palu

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d. salah semua

5.  jumlah bebek ...... jumlah panda

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d.

6.  jumlah keranjang sampah ...... jumlah gunting

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d. salah semua

7.  jumlah kupu-kupu ...... jumlah ayam

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d. salah semua

8.  jumlah topi ...... jumlah dompet

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d. salah semua

9.  jumlah mobil ...... jumlah helikopter

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d. salah semua

10.  jumlah stroberi ...... jumlah manggis

a. lebih dari

b. kurang dari

c. sama dengan

d. salah semua



menuliskan banyak benda

Petunjuk:  jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan cara menuliskan banyak benda pada gambar !
               contoh  :  pada gambar terdapat 50 sendok.
               jawab     :  50


1.  banyak kursi adalah ......


2.  banyak botol adalah ......


3.  banyak tomat adalah ......


4.  banyak blender adalah ......


5.  banyak gelas adalah ......


6.  banyak setrikaan adalah ......


7.  banyak kaleng adalah ......


8.  banyak teko adalah ......


9.  banyak payung adalah ......


10.  banyak sapu adalah ......

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar